Eksotisme Pantai Papuma, Surga Dibalik Bukit Ambulu Kabupaten Jember

Surga di balik bukit memang julukan yang pantas diberikan untuk pantai yang menjadi satu bagian dari laut selatan ini yakni Pantai Papuma.

image

Pantai Papuma ( Papuma singkatan dari Pasir Putih dan Malikan) terdiri dari 2 (dua) bagian utama bibir pantai yang memiliki ciri khas dan eksotisme masing masing yang sama sama menghadap laut selatan Pulau Jawa.

Memasuki gerbang pantai langsung disuguhkan bentaran pasir putih yang bersih dan hamparan ombak di laut lepas selatan Pulau Jawa yang menjadi tempat singgah perahu penduduk lokal yang mennyambung hidupnya dari hasil dan kekayaan laut.

image

Hamparan bibir pantai dengan pasir putih mengundang naluri untuk kembali ke masa anak anak, berlari dan bermain pasir di tepi pantai dibalut tiupan angin membawa betah terbawa dan melupakan waktu yang terus berdetak.

image

Keindahan sunrise mengingatkan pagi telah datang segera sambut kedatangan pemburu hasil laut segera menepi melimpahkan hasil tangkapan semalam.

image

Deburan ombak menghantam bebatuan bergantian memecah keheningan tetapi menghanyutkan khayalan untuk semakin tenggelam didalam ketenangan yang sunyi.

Semuanya ada di satu sisi awal memasuki Pantai Papuma yang mendapat julukan Pantai Pasir Putih, berikutnya melintasi rute menaiki bukit  siti inggil (tanah atau dataran paling tinggi) menuju sisi lain dari Pantai Papuma yang mendapatkan julukan Pantai Malikan.

image

Menelusuri jalan tak lebih dari 1km akan tergantikan dan tidak akan sia sia ketika memasuki area Pantai Malikan.

image

Hamparan pasir bercampur bebatuan serta suara deburan ombak yang semakin kencang memberikan nuansa tersendiri menuju relaksasi suara alam.

image

Pantai Malikan berasal dari kata “malik-an” dari bahasa jawa yang berarti “terbalik balik” dalam bahasa indonesia, sangat masuk akal dan bisa di terima logika bahwasannya pengambilan nama hanya dari situasi keberadaan bebatuan yang ada dibibir pantai otomatis terbalik sendiri dan terulang terus karena terseret oleh ombak.

image

Sungguh suasana pantai yang sangat mendukung sekali untuk berbagi kasih dengan pasangan resmi atau bersama keluarga melepas penat setelah seminggu penuh terjebak dalam aktivitas rutin.

image

Semoga bermanfaat, monggo yang ingin memaki dan sukahati sila isi komentarnya.

Posted from sugimasihada.com WordPress for Android

Follow @sugimasihada
Like FaceBook Sugi Masih Ada
Email sugimasihada@ymail.com

Iklan

10 tanggapan untuk “Eksotisme Pantai Papuma, Surga Dibalik Bukit Ambulu Kabupaten Jember

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s