Bongkar CVT Suzuki Nex, Bengkel Resmi Suzuki Memasuki Era Spare Part Susah (Lagi) ?

Masih berhubungan dengan alat transportasi sugimasihada kemarin yang sedikit mengalami gangguan saat akan digunakan perjalanan menuju Surabaya. (Baca disini)

Suzuki Nex produksi tahun 2012 yang sugimasihada gunakan dilakukan pengecekan seluruh komponen Mesin CVT sekaligus melakukan penggantian V-Belt karena putus memasuki 39.000km penggunaan.

Kondisi komponen mesin CVT tidak ada perubahan yang signifikan kecuali terjadi kelonggaran (oblak) antara rumah roller dengan ass rumah roller yang menyebabkan suara CVT kasar serta laher yang berada di dalam sliding mengalami keausan yang juga menyebabkan suara gesekan saat roda belakang berputar.

image
Rumah Roller dan Ass Rumah Roller Suzuki Nex Oblak

Sebelum V-Belt putus gejala suara kasar di bagian CVT sudah lama timbul seperti suara karena getaran berlebih (seperti suara roller benjol) saat putaran mesin naik serta gesekan (grek grek) saat roda belakang berputar (didorong) meski mesin mati.

image
Laher (Bearing) dan Rotches Yang Ada Di Dalam Sliding

Otomatis dah langsung saja dilakukan penggantian oleh dulur mekanik.

image
House Kopling, Kopling Sentrifugal Yang Hinggap di Fixed Sliding

Nah yang bikin sugimasihada terkejut disinilah ketika penggantian spare part dimana keberadaan spare part tidak ready pun dilakukan di salah satu Bengkel Resmi Suzuki yang ada di Kota Malang.

Ah, jadi langsung berasumsi ada apa ini dengan Suzuki? Sempat juga sugimasihada mengunjungi Bengkel Resmi di tempat lain masih di Kota Malang pun tidak kunjung menemukan penampakan spare part tersebut diatas.

Akhirnya dengan sedikit putus asa sugimasihada mengikuti arahan dulur mekanik supaya menebus spare part diatas di sebuah toko dan sekaligus bengkel umum yang ada di sekitaran Fly Over Mergosono Kota Malang.

Harga tidak terlalu mahal, tidak menghabiskan selembar uang seratus ribuan dan selembar uang dua puluh ribuan untuk menebus spare part tersebut diatas.

Langsung saja rakit kembali Suzuki Nex dan akhirnya suara dan gejala getaran langsung hilang, kembali halus suara mesin CVT seperti baru.

Apakah terjadi hal yang sama di tempat lain ? Atau hanya terjadi di Kota Malang saja ?

Semoga bermanfaat, monggo yang ingin memaki dan sukahati sila isi komentarnya.

contact me:

Follow @sugimasihada
Like FB Sugi Masih Ada
Email sugimasihada@ymail.com

23 tanggapan untuk “Bongkar CVT Suzuki Nex, Bengkel Resmi Suzuki Memasuki Era Spare Part Susah (Lagi) ?

  1. ditempatku juga sama, langka sp.part. bagusnya nex karbu punyaku masih ok banget walau kena sentuhan mekanik cuma saat masih service gratisnya doang (awal2 beli) :v
    selanjutnya ganti oli & bersihin saringan udara dilakukan sendiri.
    sdh 3th, tapi top speed msh bs 110kpj (speedo nex) :v takut juga krn nex ringan.

    Suka

Tinggalkan komentar