Gagal Menghadiri Undangan Race Terakhir di Sirkuit Kenjeran, Suzuki Nex Buktikan Umur V-Belt CVT Menyentuh 39.000km

Namanya juga manusia hanya bisa berencana, dan kenyataan sepenuhnya ada ditangan Sang Pencipta, yah setidaknya sebagai Manusia yang ingin menepati janji sudah ihtiar untuk menjalankan kegiatan sesuai rencana yang di awal.

Bersama dengan agenda yang sugimasihada harus ikuti dikarenakan adanya undangan dari salah satu dulur pencinta balap dan cornering yang berdomisili di Surabaya guna menghadiri latihan balap terakhir di Sirkuit Kenjeran Surabaya hari ini.

Ada sebuah kejadian yang langsung menggagalkan dan sekaligus menghentikan perjalanan dari Malang menuju Surabaya.

Kendaraan yang sugimasihada biasa kendarai untuk mendukung mobilitas sebagai alat transportasi mendadak mengalami gangguan saat perjalanan keberangkatan.

Saat itu kejadian sangat cepat sekali, pada posisi jarum speedometer menunjuk angka 70kpj mendadak daya dan tenaga dari mesin 110 SOHC Air Cooled LEaP milik Suzuki tidak tersalurkan ke transmisi otomatis yang biasa disebut CVT yang dilanjutkan membuat roda belakang menurunkan putarannya di sebuah jalan menuju keluar Kota Malang.

Mesin meraung mencapai putaran tinggi tetapi roda belakang tidak menambah putaran melakukan percepatan seperti biasanya.

Asumsi sugimasihada berpikiran menuju sebuah V-Belt yang berada di serangkaian CVT yang pada umumnya sebagai penerus daya ke roda belakang pada kendaraan Skutik pasti putus.

Langsung saja tanpa basa basi sugimasihada menghubungi salah satu dulur yang memang seorang mekanik dan bekerja di salah satu Bengkel Resmi Suzuki di Kota Malang.

Saat itu juga Suzuki Nex langsung digelontor ke Bengkel Resmi Suzuki dimana dukur bertugas.

image

Memang tidak salah duga berasmusi, setelah dilakukan pembongkaran didapatkan kondisi V-Belt yang sudah putus dan amburadul didalam Mesin CVT.

image

Sempat kaget juga sesaat, tapi setelah sugimasihada berpikir pertama kali menggunakan Suzuki Nex hingga saat ini belum pernah bongkar Mesin CVT jadi tertawa sendiri.

image

Odometer yang menunjukkan angka 39.230 km di perangkat speedometer membuat sugimasihada mendapatkan acuan umur V Belt di Suzuki Nex hingga benar benar putus dan tidak dapat digunakan lagi.

Jika umur penggunaan Suzuki Nex tepat 3tahun saat ini, maka boleh dikatakan sugimasihada menggunakan Suzuki Nex sebagai alat transportasi setiap hari menempuh jarak kurang lebih 35km.

Yah, ternyata umur V-Belt CVT Suzuki Nex tidak bisa melebihi 40.000km dengan kondisi pemakaian normal seperti diatas, lah emang sengaja kok pengen tahu umur V-Belt CVT Suzuki Nex seberapa lama.
:mrgreen:

Akhirnya, semoga bermanfaat dan jangan ditiru, ikuti anjuran dan arahan dari Ahlinya (mekanik) untuk melakukan pengecekan CVT periodik sesuai yang tertuang di buku petunjuk penggunaan kendaraan bermotor dalam hal ini Skutik agar tidak terjadi hal seperti tersebut diatas.

Monggo yang ingin memaki dan sukahati sila isi komentarnya.

contact me:

Follow @sugimasihada
Like FB Sugi Masih Ada
Email sugimasihada@ymail.com

Iklan

13 tanggapan untuk “Gagal Menghadiri Undangan Race Terakhir di Sirkuit Kenjeran, Suzuki Nex Buktikan Umur V-Belt CVT Menyentuh 39.000km

  1. Josss tenan kualitas part sijuki, padahal si nex suka dibawa kecepatan tinggi, blom lagi gandolke jamur, ban bekas πŸ˜†
    Gak sia2 pasang header address *lohopohubungane :mrgreen:

    Suka

  2. Saya pengguna suzuki nex 2014 edisi bulan juni, kebetulan saat ini odometer sudah menunjukan 44.641 km, dan v-belt masih berfungsi belum dilakukan penggantian, mungkin saya lagi beruntung

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s