Mitos Gerojokan Sewu di Pujon

Secara harafiah nama Gerojokan Sewu berasan dari bahasa jawa, Gerojokan yang di dalam bahasa Indonesia berarti limpahan air dari atas dan sewu berarti seribu.

Sebuah destinasi wisata di wilayah Kabupaten Malang tepatnya di Dusun Tretes, Desa Bendosari, Kecamatan Pujon yang terlihat jelas guyuran air terjun dari jalan lintas kota disebelah kiri ketika menempuh perjalanan dari Malang menuju Kediri lewat jalur barat ( Batu ).

image

Sedikit tentang mitos yang beredar di dengang dengungkan warga sekitar bahwasannya air dari Gerojokan Sewu dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Tak heran dijaman sekarang pun masih banyak orang yang datang ke Gerojokan Sewu untuk mengambil air guna mengobati berbagai penyakit yang dideritanya.

Konon katanya untuk menjaga khasiat air Gerojokan Sewu pada saat pengambilan air bukan yang sudah ditampung dibawah dengan cara menciduk melainkan harus langsung menadahi air yang turun dari atas puncak Gerojokan Sewu.

image

Hal ini ternyata sudah terjadi sejak zaman Kerajaan Singhasari yang mana setiap pasukan yang akan menyerang Kerajaan Kediri mengikuti ritual pemandian dibawah Gerojokan Sewu agar sulit dikalahkan.

Sempat sugimasihada rasakan sendiri aura mistis ketika memasuki waktu menjelang malam suasana pekat berkabut dan aroma wewangian semerbak mengusik hidung memberi isyarat untuk segera meninggalkan tempat karena mungkin akan ada kegiatan dari alam lain yang akan berlangsung pada malam hari.

Percaya ndak percaya hanya sedikit cerita dari Gerojokan Sewu, karena setiap hal yang terjadi di muka bumi ini adalah karena kehendak-Nya.

Semoga bermanfaat, monggo yang ingin memaki dan sukahati sila isi komentarnya.

Posted from sugimasihada.com WordPress for Android

Follow @sugimasihada
Like Face Book Sugi Masih Ada
Email sugimasihada@ymail.com

Iklan

14 tanggapan untuk “Mitos Gerojokan Sewu di Pujon

  1. gak disangka, ternyata hanya suzuki yang peduli wisata dan budaya malang dan jawa timur, pabrikan lain mah mentingin jualan aja #eeehhhh 😆

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s