(TEST) Suzuki Shooter 115 perjalalan Kediri – Malang lewat Blitar

Tepatnya Sabtu 21 September 2013 kemarin sugimasihada mendapatkan kesempatan testride jarak jauh bebek terbaru Suzuki yakni Shooter 115 Fi.

karena sebelumnya juga ada pertanyaan dari salah satu komentator dimari menanyakan perihal Suzuki Shooter 115 untuk perjalanan jauh apakah mumpuni dan layak untuk menjadi pertimbangan.

yuuk langsung saja, Suzuki Shooter yang sugimasihada gunakan memiliki kode FV110LB, yang mana merupakan varian tengah-tengah (FV110LAZ velg spoke rem depan Tromol dan FV110LE Shooter  velg CW dan rem depan disk brake) dengan memiliki perbedaan masih velg spoke, dan rem depan sudah mengaplikasikan juga disk brake

Konsumsi BBM Suzuki Shooter

Dalam memiliki kendaraan operasional pertimbangan konsumsi BBM menjadi salah satu factor yang utama, Suzuki Shooter sendiri  telah mengalami pengetesan oleh pabrikan Suzuki sendiri disini dan dikatakan memiliki konsumsi BBM premium di kisaran 60 kpl (katanya) di katalog product.

Dari acuan diatas sugimasihada melakukan pengetesan konsumsi BBM Suzuki shooter dengan melakukan perjalanan siang dari Kediri ke Malang lewat jalur selatan yakni Blitar.

Pengisian full tank pertama sugimasihada lakukan di SPBU Jl Urip SUmoharjo, setelah pres didapatkan total isi full tank Suzuki Shooter 3,37liter yang setara dengan uang Rp. 21.905 dengan posisi odometer menunjuk angka KM 343

Suzuki Shooter 115
Suzuki Shooter 115
odometer awal pengisian Suzuki Shooter
odometer awal pengisian Suzuki Shooter

Sesampai kota tercinta Malang, langsung menuju SPBU Sukun, kaget juga ketika melirik indiator BBM di speedometer masih berada ditengah-tengah indikatol Fuel saat antri pengisian BBM.

Suzuki Shooter Antri di SPBU SUkun
Suzuki Shooter Antri di SPBU SUkun

Ramah dengan senyum mbak petugas SPBU, pengisian kembali perlahan-lahan agar tidak ada premium yang tertumpah hingga press bibir tangki Suzuki Shooter

Oke, didapat angka 2,457 liter yang setara dengan uang Rp. 15.971 dengan menunjuk  KM 462

odometer pengisian akhir
odometer pengisian akhir

Monggo diitung

(Km AKhir – Km awal) : Ltr = kpl

(462 – 343 ) : 2,457 = 48,4 kpl

Yup, itulah angka konsumsi BBM Suzuki Shooter yang sugimasihada kendarai dari Kediri ke Malang lewat jalur Blitar, boleeh laah dikatakan untuk menempuh perjalanan Kediri – Malang lewat Blitar hanya membutuhkan uang Rp. 8000 (delapan ribu) saja…. :mrgreen:

any question ? #NoOffense

Performa dan Kenyamanan Suzuki Shooter

Suzuki Shooter dengan kapasitas mesin tertulis 115cc di striping, tertulis 113cc di STNK dan tertulis 110cc di kode type memiliki Torsi maksimum di angka 9.10NM pada 6000rpm serta memiliki Power maksimum 6.90 kW pada 8000rpm

Secara performa Suzuki Shooter yang sugimasihada gunakan ini boleh dikatakan jagoan putaran bawah, hal ini mungkin dikarenakan weight to power rasionya yang cukup kecil melihat total berat kosong Suzuki Shooter relative ringan yakni di 93kg untuk type FV110LB ditambah dengan berat badan sugimasihada sendiri yang tidak melebihi angka 60kg

Sugimasihada melakukan perjalanan dari Kediri ke Malang boleh dikatakan dengan range kecepatan minimal 90 kpj on speedometer dengan varian jalan lurus sedikit berbelok dan beberapa tanjakan di jalur sepanjang wlingi sampai bendungan lahor (karangkates)

Power dan performa Suzuki Shooter akan terasa sekali ketika melibas tanjakan, hal ini bener-bener sugimasihada rasakan dengan sering bermain persneling 2(dua) ketika memasuki tikungan menanjak bergantian dengan persneling gigi 3(tiga) Suzuki shooter mampu menyentuh angka 90kpj on speedometer, bahkan pada saat itu ada motor merk tetangga type inisial s berkapasitas 125 cc kehabisan nafas dan hanya bisa membuntuti dibelakang Suzuki Shooter dan akhirnya jauh tertinggal dibelakang (maklum mungkin karena terintimidasi sugimasihada ketika mengendrai Suzuki Shooter, maaf yaaa :mrgreen: )

Sempat geber dijalan lurus jalur lintas barat kepanjen on speedo menunjuk angka 110kpj dan getaran terasa hebat di kemudi serta jok dan jalur lintas barat kepanjen bisa dilibas dengan tidak menghabiskan satu lagu “smoke on the water”.

Satu yang menjadi perhatian ketika mengendarai Suzuki Shooter sepanjang jalan Kediri hingga Malang adalah getaran mesin yang merambat ke kemudi dan jok yang terasa, apakah mungkin karena permainan putaran mesin (rpm) sugimasihada yang cenderung tinggi terus yaa…

Pun kenyamanan mengendarai dengan redaman shock breaker depan dan belakang sudah mumpuni dan senyaman Shogun SP yang sering sugimasihada gunakan setiap hari cukup laah Suzuki Shooter digunakan untuk perjalanan jauh…

Overall kenyamanan dan performa Suzuki Shooter boleeh laaah disejajarkan dengan motor bebek setingkat diatasnya

Semoga bermafaat,  monggo yang ingin memaki dan suka hati sila isi komentarnya…

61 tanggapan untuk “(TEST) Suzuki Shooter 115 perjalalan Kediri – Malang lewat Blitar

  1. si “s” kalo pas tanjakan pake emosi buat ngejar emang malah nggak bisa lari mas. *semoga nggak ada pensboi ngeyel disini :mrgreen: *
    joss lah suzi shooter. 🙂

    Suka

      1. bentuknya rada kurang sreg saya mah 😀
        knalpotnya kurang sip..
        oya, sekalian nanya, gir rantenya ukuran brp ya? bisa dipake ke new shogun gak? :mrgreen:

        Suka

        1. @kang sigit… suzuki shooter aplikasi gir set 420-37 (gir depan 14 dan belakang 37) klo ndak salah bisa pasang di Suzuki Titan, kalo untuk Suzuki Shogun belum pernah nyobak kang… cmiw

          Suka

        2. Titan kan aslinya 428, sama kayak Smash, Shogun
          kalo Titan bisa dipasangi punya Shooter, berarti Shogun jg..
          makasih kang sugi 😀

          Suka

  2. kang??nanya ni klo ama z1 banteran mana ya…secara on kertas + crank..wkwkwkwk power z1 nyentuh 10,06 ps….klo njz boreup 125 ane ama z1 track lurus cuma unggul 1 ban ….asli kencang bgt z1 kang….

    #ane bukan fanboy lo..cuma fansnya qwerty…:D

    Suka

  3. kok masih iritan nex ya? mestinya kan irit shooter jauh?

    nex sy dah berumur, sy pake sby-ambarawa pp.. tiap isi saya catet.. itu ketemunya 55KM/L itu aja mnurut sy dah boros buat luar kota-an.. soalny dipake kota2 ya sgitu juga, biasany sy ukur klo ktemu 45KM/L buat kota2 brarti dah waktunya masuk beress 😀

    jadi penasaran nih..

    Suka

  4. kalo saya bandingkan shooter fi ama nex karbu yg pernah saya coba, masih iritan shooter fi, blm sempet ngukur secara rinci sih cuman saya bbrp kali bawa dr kudus – semarang atas – muter2 – balik kudus, kalo nex karbu biasanya sampe demak udah sampe ke batas waktunya ngisi bbm, kalo shooter fi masih aman sampe rumah msh sisa dikit, kalo saya sempet ngukur kasar nex karbu dg rute tsb ~46,9km/l, jd shooter diatasnya itu..

    Suka

    1. @bjk_kds…monggo dan dipersilahkan brow, beda hasil akan memberikan warna tersendiri…adafaktor riding style juga yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar loo… :mrgreen:

      Suka

  5. bagi yg suka kwalitas body n mesin awet pilih n beli motor SUZUKI bagi yg suka investasi pilih motor merk tetangga. bagi gw uang bisa dcari tak hrs jual motor karna bagi gw kwalitas itu sbuah pilihan pribadi karna gw suka pake motor yg jarang orang pake jd lbh esklusif gak pasaran.

    Suka

  6. Wow jadi naksir shooter nih. Saya sudah pake new smash selama 5 tahun. Dan selama ini puas menungganginya. Shooter ko getarannya sampe ke setang ya? Smash ku kalo di geber kaya gitu getarannya ga sehebat itu. Redaman suspensinya mantap, empuk & stabil

    Suka

Tinggalkan komentar