Tepatnya bulan ini Suzuki Nex yang digunakan oleh belahan hati sugimasihada komuter dan beraktifitas telah menginjak 1(satu) tahun kebersamaan…
sengaja pengen tau perform setelah digunakan setahun sugimasihada ngajak Suzuki Nex untuk sowan ke rumah eyang di Blitar yang sekalian menghadiri Takziah di salah satu soudara yang mengalami musibah…
adalah kemarin hari Minggu 5 Mei 2013, sugimasihada melakukan pengawasan, pengintaian, dan merasakan bener-bener ada apa dengan Suzuki Nex setelah 1(satu)tahun…
1. Kenyamanan
kenyamanan tidak ada perubahan signifikan, dengan ditemani belahan hati dan buah hati balik dari Blitar ke Malang (tujuan awal) berganti ke Turen (Kab Malang)…
berat badan belahan hati sugimasihada 40kg, buah hati 18Kg, sugimasihada 58kg, serta kargo dikisaran 8kg masih terasa ayunan shock breaker nyaman melibas gundukan dan lubang sepanjang jalan…sempat terjadi sedikit suara mentok (nggeduk) shock breaker bagian belakang ketika sengaja sugimasihada terjang lubang aspal yang dalam (plus sedikit cubitan dari belakang) karena terasa keras sekali dan mengganggu kenyamanan boncenger…

2. Manuver
melewati jalur lintas (potong) bypass di bendungan lahor dengan kecepatan 80kpj menikung, lurus, dan menikung lagi sedikit cornering (diikuti kepala buah hati yg ikutan dimiring-miringkan), terasa mengayun lembut dan sedikit oleng bagian belakang (diikuti cubitan dari belahan hati)…

3. Top Speed
tidak menggunakan piranti tambahan, sugimasihada hanya mengandalkan kemampuan melihat spedometer saja Suzuki Nex setelah 1(satu) tahun dengan kondisi beban tersebut diatas bisa menyentuh angka 95kpj sepanjang jalan lurus dari Talun ke Wlingi dengan kondisi trootle gas masih ada sisa (ndak berani nambah karena sudah kena cubitan lagi)…
4. Tanjakan
jalur dari Blitar ke Malang sampai dengan setelah Wlingi ke jalan Pintas (potong) atau bypass di bendungan Lahor banyak sekali tanjakan, geber abis trothle gas didapatkan maksimal 80kpj melibas tanjakan dan menikung…

5. Konsumsi BBM
pengisian Full to Full menjadi metode yang sugimasihada gunakan untuk mengukur penggunakan BBM suzuki Nex…dengan pengisian pertama dilakukan di SPBU Nglegok…


berikutnya pengisian dilakukan Full lagi di SPBU Sedayu Turen (kab Malang)….

dari print terakhir didapatkan pengisian sebanyak 2,100ltr Premium jika diuangkan sekitar RP9.450…

dengan Odometer awal 7913 dan akhir 7992 (selisih 79km)…dengan demikian bisa diambil kesimpulan 1 liter premium Suzuki Nex menempuh jarak 37km…
6. suara Aneh
adalah terdapat suara tik tik dibagian roda belakang tepatnya velg ketika berjalan, sugimasihada ndak tau kenapa, ketika berhenti suaranya hilang dan akan timbul ketika berjalan, anehnya lagi ketika sugimasihada coba kendarai sendirian kok suaranya hilang, ketika berboncengan lagi kok keluar lagi suaranya ketika berjalan…ada yang tau suara apa?
yaah begitulah hasil review bersama Suzuki Nex setelah 1(satu) tahun yang sugimasihada lakukan dengan berboncengan dari Blitar ke Turen kemarin…dengan saklar cubitan belahan hati dibelakang dan teriakan buah hati didepan berkali kali ketika menyentuh kecepatan diatas 80kpj…
monggo yang ingin memaki dan suka hati sila isi komentarnya…
joss, ganjel perut bisa menambah 2 dk. karena dah kenyang. wkwkwk. sip mas bro
http://sarikurnia980.wordpress.com/
SukaSuka
@orong-orong monggoooo…
SukaSuka
mantabh dah…naksir velgnya kang 🙂
SukaSuka
@abdoe maggi…monggo melipir ke BeReS saja kalo minat tinggal pesen kang….
SukaSuka
untuk jok sendiri apakah dah pas atau kurang panjang gan kalau dirasakan?
SukaSuka
@orong-orong….pas nempel dan masih cukup aja kok buat orang-orang imut dan kecil2 kayak kita2…plus kedua kaki ndak jinjit ketika ditraficlight…he he
SukaSuka
makin ke sini produk2 (baru) suzuki dibikin lebih ringkas, lebih ramping, efeknya ke konsumsi bahan bakar yang makin efisien…… sip moga tambah sukses dengan si shooter
SukaSuka
@dadot…heloooh… Matic 1ltr untuk 37km termasuk irit ya kang?….he he
SukaSuka
@kang sugi ‘cubitan’ itu kata kuncinya, lha speednya aja 95 kpj masih nyisa kan, soale nang warunge mbah bons kalo kubikasi kecil tapi dipaksa RPM tinggi, konsumsi BBM-nya harus lebih banyak lagi demi terpenuhinya pembakaran untuk putaran mesin tersebut, ya semono lah maksute
SukaSuka
@dadot… he he…cubitan supaya inget saffety kang…aseeeg
SukaSuka
cuma 1:37? bobot yg dibawa berapa kg?
SukaSuka
@wishnu…ada diatas broow,…hitung ja totalnya…monggo…
SukaSuka
1;37 lumayan irit..
SukaSuka
@mas sayur…wooow lumyaan iriiiit ??? ah yg beneer kang…
SukaSuka
124kg berat total. kalo abis makan kira-kira 125kg lah. itu belom termasuk bensin.. Termasuk irit lah.
SukaSuka
@wisnu…woooh…diitung tenanan….aseeg…
SukaSuka
kalo makan sop mungkin bisa lebih berat 1kg lagi… wkwkwkwk
SukaSuka
sip ajib,.. si merah masih sanggup 1 liter 40-an KM 😀
SukaSuka
@aa ikhwan…wow…. si merah masih ada?
SukaSuka
masih setia 😀
SukaSuka
@aa ikhwan….ajLiiiiib
SukaSuka
ooo review cubitan ternyata 😆
SukaSuka
@archine… looh yaaa….
SukaSuka
wogh masih nyampai 95 kpj, cenglu meneh,cobo dewe iso lebih dari 95kpj
SukaSuka
@alon alon wae…. sida sak awak mbentol kabeeh kang….alon alon wae laah….he he
SukaSuka
mantap abisss!! kayanya enak juga jalan jauh pake matik 😀
#nunggu hayate injeksi…
SukaSuka
@sigit…. #nunggu hayate injeksi… sampai kapan?
SukaSuka
😆 ga tau mas
sekarang emang pengen matik, yg lebih nyante
tapi katanya nex yg injeksi lebih lemot ya dibanding yg karbu? betulkah?
oya, mau tanya juga, itu joknya keras atau empuk? dipake jalan jauh gimana rasanya?
SukaSuka
@sigit… karbu atau injeksi tinggal selera aja…kalo merurut saya pribati akselerasi tetep jago yg karbu, otomatis lebih boros dibanding yg injeksi…sedangkan perihal jok keras atau tidaknya tergantung sama ketebalan bagian belakang (bokong) sendiri2 mas…selama saya pergunakan plus belahan hati diboncenger dan buah hati didepan tidak mengalami kekerasan jok yang berarti(mungkin karena menikmati perjalanan dan sering berhenti)…trus untuk perjalanan jauh karena bobot berat lumayan anteng mas…kalo sendirian otomatis agak limbung ketika bersimpangan sama kendaraan besar, mungkin karena NEX ringan banget…
SukaSuka
oke, thanks reviewnya
SukaSuka
aq melu nyubit oleh?? #eh…
SukaSuka
@kang TR… peh…kiy wes mbentoel2 kang…tegoo
SukaSuka
Reblogged this on In The Word.
SukaSuka
37km boros juga ya
SukaSuka
kok masih iritan skydrive ane gan..
Ane 55kg bini 45kg anak 18kg plus bawaan banyak.. Bsa tembus hampir sama 35-40kman..
SukaSuka
@skydriveokee… wooow
SukaSuka
klo di Malang belinya dmn ni suzuku nex super fi yg baru? pengen bel..
SukaSuka
@anny monggo langsung saja ke semua Dealer Suzuki terdekat…
SukaSuka
37 :1liter..???iritlah boss karbu n speed 95kpj..
salam kenal boss..plat H y motore..??
ane pnya nex fi ijo plat H kendal,,boncengan istri,baby ke daerah pati tayu sering lho..jalan pantura demak sepi tembus 105kpj..lagi2 di cubit istri..heheh…konsumsi bbm masih irit punya ku..1:60km lho…ajib betul ne motor pdhl stop n go,pantura byk mobil trailer nyalip kenceng ntr pelan..pokoknya joss lah..apa mgkn injeksi ya lbh irit,,mnrt ane jok nya empuk bgt,klh tuh empuknya var*o sm be*at..prnh coba..suzuki emx mntep,.new smash ku 7 th mesin halus prawan.gnti cm oli,gear set,ban..edan po ora…thx
SukaSuka
@adi… waini
SukaSuka
btw.. utk jok si rider oke lah..konturnya pas dan empuk. Tapi…
utk si boncenger (yg dibonceng) kok konturnya aneh yaa..
bentuknya agak rounded gitu. jadi kasian kalo utk touring (maaf) pantat si boncenger pasti atitt..
harusnya kan bentuk jok belakang itu persegi juga lah ya, dan lebih bagus lagi agak lebar. kalo nex ini bentuk rounded bin sempit 😦
SukaSuka