Suzuki NEX setelah 1Tahun

Tepatnya bulan ini Suzuki Nex yang digunakan oleh belahan hati sugimasihada komuter dan beraktifitas telah menginjak 1(satu) tahun kebersamaan…

sengaja pengen tau perform setelah digunakan setahun sugimasihada ngajak Suzuki Nex untuk sowan ke rumah eyang di Blitar yang sekalian menghadiri Takziah di salah satu soudara yang mengalami musibah…

adalah kemarin hari Minggu 5 Mei 2013, sugimasihada melakukan pengawasan, pengintaian, dan merasakan bener-bener ada apa dengan Suzuki Nex setelah 1(satu)tahun…

1. Kenyamanan
kenyamanan tidak ada perubahan signifikan, dengan ditemani belahan hati dan buah hati balik dari Blitar ke Malang (tujuan awal) berganti ke Turen (Kab Malang)…
berat badan belahan hati sugimasihada 40kg, buah hati 18Kg, sugimasihada 58kg, serta kargo dikisaran 8kg masih terasa ayunan shock breaker nyaman melibas gundukan dan lubang sepanjang jalan…sempat terjadi sedikit suara mentok (nggeduk)ย shock breaker bagian belakang ketika sengaja sugimasihada terjang lubang aspal yang dalam (plus sedikit cubitan dari belakang) karena terasa keras sekali dan mengganggu kenyamanan boncenger…

Suzuki Nex mampir beli oleh-oleh di Brongkos
Suzuki Nex mampir beli oleh-oleh di Brongkos

2. Manuver
melewati jalur lintas (potong) bypass di bendungan lahor dengan kecepatan 80kpj menikung, lurus, dan menikung lagi sedikit cornering (diikuti kepala buah hati yg ikutan dimiring-miringkan), terasa mengayun lembut dan sedikit oleng bagian belakang (diikuti cubitan dari belahan hati)…

Suzuki Nex parkir di Bendungan Lahor
Suzuki Nex parkir di Bendungan Lahor

3. Top Speed
tidak menggunakan piranti tambahan, sugimasihada hanya mengandalkan kemampuan melihat spedometer saja Suzuki Nex setelah 1(satu) tahun dengan kondisi beban tersebut diatas bisa menyentuh angka 95kpj sepanjang jalan lurus dari Talun ke Wlingi dengan kondisi trootle gas masih ada sisa (ndak berani nambah karena sudah kena cubitan lagi)…
4. Tanjakan
jalur dari Blitar ke Malang sampai dengan setelah Wlingi ke jalan Pintas (potong) atau bypass di bendungan Lahor banyak sekali tanjakan, geber abis trothle gas didapatkan maksimal 80kpj melibas tanjakan dan menikung…

ganjel Perut dengan Krengsengan O2 plus Lontong
ganjel Perut dengan Krengsengan 02 plus Lontong di Bendungan Lahor

5. Konsumsi BBM
pengisian Full to Full menjadi metode yang sugimasihada gunakan untuk mengukur penggunakan BBM suzuki Nex…dengan pengisian pertama dilakukan di SPBU Nglegok…

pengisian SPBU Nglegok tampah Buah Hati dan Belahan Hati
pengisian SPBU Nglegok tampak Buah Hati dan Belahan Hati
Odometer awal Pengisisan Full
Odometer awal Pengisisan Full

berikutnya pengisian dilakukan Full lagi di SPBU Sedayu Turen (kab Malang)….

Print Out pengisian Full di SPBU Sedayu Turen
Print Out pengisian Full di SPBU Sedayu Turen

dari print terakhir didapatkan pengisian sebanyak 2,100ltr Premium jika diuangkan sekitar RP9.450…

Odometer Aakhir pengisian di SPBU Sedayu Turen
Odometer Aakhir pengisian di SPBU Sedayu Turen

dengan Odometer awal 7913 dan akhir 7992 (selisih 79km)…dengan demikian bisa diambil kesimpulan 1 liter premium Suzuki Nex menempuh jarak 37km…
6. suara Aneh
adalah terdapat suara tik tik dibagian roda belakang tepatnya velg ketika berjalan, sugimasihada ndak tau kenapa, ketika berhenti suaranya hilang dan akan timbul ketika berjalan, anehnya lagi ketika sugimasihada coba kendarai sendirian kok suaranya hilang, ketika berboncengan lagi kok keluar lagi suaranya ketika berjalan…ada yang tau suara apa?

yaah begitulah hasil review bersama Suzuki Nex setelah 1(satu) tahun yang sugimasihada lakukan dengan berboncengan dari Blitar ke Turen kemarin…dengan saklar cubitan belahan hati dibelakang dan teriakan buah hati didepan berkali kali ketika menyentuh kecepatan diatas 80kpj…:mrgreen:

monggo yang ingin memaki dan suka hati sila isi komentarnya…

Iklan

42 tanggapan untuk “Suzuki NEX setelah 1Tahun

  1. makin ke sini produk2 (baru) suzuki dibikin lebih ringkas, lebih ramping, efeknya ke konsumsi bahan bakar yang makin efisien…… sip moga tambah sukses dengan si shooter

    Suka

  2. @kang sugi ‘cubitan’ itu kata kuncinya, lha speednya aja 95 kpj masih nyisa kan, soale nang warunge mbah bons kalo kubikasi kecil tapi dipaksa RPM tinggi, konsumsi BBM-nya harus lebih banyak lagi demi terpenuhinya pembakaran untuk putaran mesin tersebut, ya semono lah maksute :mrgreen:

    Suka

      1. ๐Ÿ˜† ga tau mas
        sekarang emang pengen matik, yg lebih nyante
        tapi katanya nex yg injeksi lebih lemot ya dibanding yg karbu? betulkah?
        oya, mau tanya juga, itu joknya keras atau empuk? dipake jalan jauh gimana rasanya?

        Suka

        1. @sigit… karbu atau injeksi tinggal selera aja…kalo merurut saya pribati akselerasi tetep jago yg karbu, otomatis lebih boros dibanding yg injeksi…sedangkan perihal jok keras atau tidaknya tergantung sama ketebalan bagian belakang (bokong) sendiri2 mas…selama saya pergunakan plus belahan hati diboncenger dan buah hati didepan tidak mengalami kekerasan jok yang berarti(mungkin karena menikmati perjalanan dan sering berhenti)…trus untuk perjalanan jauh karena bobot berat lumayan anteng mas…kalo sendirian otomatis agak limbung ketika bersimpangan sama kendaraan besar, mungkin karena NEX ringan banget…

          Suka

  3. kok masih iritan skydrive ane gan..
    Ane 55kg bini 45kg anak 18kg plus bawaan banyak.. Bsa tembus hampir sama 35-40kman..

    Suka

  4. 37 :1liter..???iritlah boss karbu n speed 95kpj..
    salam kenal boss..plat H y motore..??
    ane pnya nex fi ijo plat H kendal,,boncengan istri,baby ke daerah pati tayu sering lho..jalan pantura demak sepi tembus 105kpj..lagi2 di cubit istri..heheh…konsumsi bbm masih irit punya ku..1:60km lho…ajib betul ne motor pdhl stop n go,pantura byk mobil trailer nyalip kenceng ntr pelan..pokoknya joss lah..apa mgkn injeksi ya lbh irit,,mnrt ane jok nya empuk bgt,klh tuh empuknya var*o sm be*at..prnh coba..suzuki emx mntep,.new smash ku 7 th mesin halus prawan.gnti cm oli,gear set,ban..edan po ora…thx

    Suka

  5. btw.. utk jok si rider oke lah..konturnya pas dan empuk. Tapi…
    utk si boncenger (yg dibonceng) kok konturnya aneh yaa..
    bentuknya agak rounded gitu. jadi kasian kalo utk touring (maaf) pantat si boncenger pasti atitt..
    harusnya kan bentuk jok belakang itu persegi juga lah ya, dan lebih bagus lagi agak lebar. kalo nex ini bentuk rounded bin sempit ๐Ÿ˜ฆ

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s