New Shogun SP sudah 55.678,9 KM Menjelajah, Hanya Ganti Ring Piston(Ring Seher)…

bicara ketangguhan(endurance) sebuah mesin ndak bisa diketahui dalam waktu yang singkat, sebelum di coba sendiri sakkarepe dewe atau dalam artian suka suka sendiri bawa motor buat menemani perjalanan kemanapun baik beraktifitas ataupun berlibur dalam waktu luamaaa ndak akan bisa dibuktikan kalo mesin tersebut bener2 tangguh(awet). dari sinilah aku coba bawain sedikit cerita pengalaman aku dan sedikit gambar-gambar aja kendaraan(motor) yang setiap hari aku gunakan beraktifitas dan berlibur bersama kekasih hatiku…

4thn lebih 8bln odometer di 55.678,9 Km
4thn lebih 8bln odometer di 55.678,9 Km

setelah aku ajak berkelana kemana-mana, akhirnya terasa juga kalo perform motor aku sedikit ngedrop tepatnya 17 Juli 2012 ketika ada suara menggelitik berisik di mesin dan tarikan terasa lemoot akhirnya aku putuskan untuk Service Besar (SBO) di Bengkel Resmi kantor saya, ndak kerasa udah hampir 5thn dan sudah menempuh 55.678,9 KM aku jajaki dengan motor ini

New Shogun SP di Bedah
New Shogun SP di Bedah

dredeeeg pertama kali dibedah, sempet menduga-duga bakalan keluar uang banyaak nih buat ganti spare part…

Kerak Tebaaal pada Cylinder Head
Kerak Tebaaal pada Cylinder Head

sambil dredeg cek satu persatu part mesin yang bergerak dan bersinggungan, mulai dari ruang bakar, yup Cylinder Head berkerak tebal, berpikir kebelakang selama hampir 5(lima) tahun ini makek bahan bakar ndak konsisten antara Premium dan Pertamax, malah sering make Premiumnya…oke laah bisa dibersihkan…

Noken(Rocker arm) dan Klep(Valve) masih Oke
Noken dan Klep(Valve) masih Oke

bongkar Cylinder Head ketemu dalemannya, setelah dicek ndak ada masalah juga…makin dredeeg ketika melirik ke Cylinder dan Piston nih…

Cylinder tidak ada scratch...amaaan
Cylinder tidak ada scratch…amaaan
Piston atau Seher berkeraak tebaaal...
Piston atau Seher berkeraak tebaaal…

sempet dredeeg ketika ngeliat Cylinder coz bukan menggunakan teknologi SCEM…he he…ternyata amaaan jugaaa…

per Seher atau Ring Piston udah melaar...
per Seher atau Ring Piston udah melaar…

ternyata disinilah sedikit problemnya, bikin suara berisik kayak tergoresnya Cylinder dan Seher ketika overhead serta berkurangnya akselerasi ketika digeber meski mesin udah panas…yup Per Seher atau Ring Piston yang udah ndak maksimal sifat ngepernya sehingga menyebabkan sedikit kompresi ngempos dan berisik…dredeg ilang ganti lirik dompet…lumayan laah harga cuman 56rb rupiah saja…dijamin balik lagi performnya seperti awal, celoteh mekaniknya… langsung dah diganti tanpa menunggu lama setelah kurang lebih 45 mnt proses Service Besar (SBO) motor aku siap dikendarai lagi…

yaah disinilah bisa disimpulkan kalo emang bener bahwa sebuah ketahanan mesin (ketangguhan, Endurance) tidak bisa dikecap dan dinilai ketika belum tau umur dan jarak tempuh motor yang bersangkutan…dan dari sini juga aku baru tau kalo New Shogun SP yang aku gunakan selama ini hingga saat ini cuman ganti Ring Seher atau Ring Piston diseputaran Mesin…lah aku sendiri males kok, lah dicuci aja juaraang palagi di service, paling2 cuman ganti oli ajaah setiap 3000KM dan bersihin Karburatornya… :mrgreen:

jadiii….gimana Endurance (ketangguhan) mesin motor kamu?

Iklan

43 tanggapan untuk “New Shogun SP sudah 55.678,9 KM Menjelajah, Hanya Ganti Ring Piston(Ring Seher)…

  1. coba bro lebih cepat dalam penggantian Olinya,per 2000KM dan minimal Olinya yang lumayan bermerk seperti Castrol dkk (ya kisaran 60rbu kebawah lha) agar lebih awet lagi,soalnya motor ane MX selama 6 tahun lebih 63000 KM belum menemukan masalah seperti di atas (mgkn krn part diasil n forged piston kali ya)

    Suka

    1. ajiiib tuh kang…lah motore rakyak kecil kiy kang…anggarane yo kecil juga…mugi2 iso tuku oli bermerk…trus sering2 service juga ke bengkel resmi…AMien
      belum tentu juga kang karena poreged piston or dilasil bikin awet mesin kalo tiap 200KM dah ganti oli n oli bermerk lagii…he he
      yg penting perawatan yo kang….heuheu

      Suka

  2. Mntr kita sama bro.km 54.715,4 per saya coment.tahun beli 16-02-2008.warna biru putih.blm pernah bongkar mesin.baut masih prawan semua,kopling manual,.ban blkg irc 90/90-17,dpn standar.top speed 115 on spedo udah ngoyo.rata2 110 kpj.oli 2th pertama agip.trs ganti sgo sampai sekarang.nggak ada keluhan berarti.cuma sling jok udah putus,kontak dah lower.kapan tak pajang di FBku.

    Suka

  3. Punya saya Vega 98 sudah 150000an km.

    Suda ganti koping ganda. Maklum waktu itu ada tarikan dealer. Jadi dikanibal hehehe.
    Sama karbu,coz “kata” beres agar lebih irit. Mang hasilnya tetap irit.
    Daaman lain masih asli.
    Klo tenaga, wajarlah dah tua. sendirian mentok 80(ihat spedo pengendara lain) heheh.
    Ko boncengan 70km/jam.

    Pengen ngambil baru. buat nemenin si vega.
    Kayaknya cenderung si Y.
    Coz history vegaku ini.

    Saam biker

    Suka

  4. punya q supra x 125D hampir 4 tahun br akan ganti ring seher… total tempuh baru hampir 96.000 km… (maklum orang lapangan).

    Suka

  5. supra fit 2006 ane udah 6thn bro, odometer udah balik ke nol pertengahan taun kemarin, skrg udah 13.240.5 km gk pernah gnti daleman mesin, ganti oli stiap 2rebu km, rajin bersihin karbu kadang pake karbu cleaner untk bershin kerak mesin, ampe krg msh jos ampe 100 kpj.

    Suka

  6. masih belum sebaerapa. punya ku SMASH NR III sdh lebih dr 90.000 km, Belum ada Part yg diganti – cuma rajin ganti Oli 2500km filter oli 7500, busi – 10.000km, filter udara 45.000 km, ban luar muka belakang, service besar 40.000 km kalo untuk yg dapur masih Ok. tarikan msh jozz, bisa lari 100 kpj(speedo) .

    Suka

  7. percaya boleh… ngga juga ngga apa” hehehehe…
    motor ane shogun 125 th 2004..
    sudah menjelajah 100rb km di tahun 2010 lalu udah ganti speedometer (karena ngga bisa balik 0 lagi) dan saat ini udah 80rb km… jadi total perjalanan nya sampe saat ini 180rb km *maklum jarak tempuh bintaro-tanabang-depok-bintaro tiap hari hehehe
    jujur aja sih kalo masalah perawatan ane paling apik….

    -ganti ring seher 1x
    -kampas kopling sudah 2x ganti (yg sekarang ane pake punya satria 2tak)
    -kampas ganda karena ane males ganti yaudah ane pasang kopling skalian
    -rante keteng + bantalan keteng1x
    -oli nya nih yg paling penting ane ganti tiap 1500 km, ane pake shell SE15/50
    -sisanya yg wajar” di ganti lah… ban,rante,kampas rem ,lampu

    sampe sekarang motor ane mau di ajak ngacir 120km/jam tampa embel” boros

    Suka

  8. mesin shogun 125 memangbandel bro,

    terbukti wktu service besar 55.000km gak ada yg minta ganti cuma gasket doang,
    lanjut bongkar kampas kopling, Waw mesinnya masih bersih banget.

    padahal motor ane sering dipaksain putaran tinggi ketika gigi rendah.

    Suka

  9. motor aku Jupiter tahun 2001, sudah 3 kali mengulang nol jadi kira2 300.000 km lebih
    piston tidak ada baret maupun cacat.. tiap pengecekan 40rb km selalu ring piston yg di ganti..
    servis rutin di Yamaha.. hehe
    memang bagus mesin kalau di rawat dgn baik.. ga peduli Yamaha, Suzuki, Honda, dll.
    Mocin aja bs enak jg kok haha

    Suka

  10. mtr sy vega th 04,bli dr bru..djual bru ahkr 2013..pmkaian hmpr10 th km dh 150rban lbh..blok mesin knan kiri blm pnh bngkr dr bru(mklum suka stndr)..yg dgnti cm karet keteng, ma gear rntei 1 set aj dr bru..tp yg sering gnti mlh dluar msin cm bolam dpn ma bearing roda..skg pke new mx..soale mu bli fu duitny g nympe!hehe

    Suka

  11. lah.. shogun sp ane thn 2005 part dalemannya cm ganti spul dan kampas kopling..
    sekitar piston aman2 saja waktu service besar & di speedometernya udh 99999,hehehe..
    service besar aja cm ganti paking biar oli gak rembes,rantai kamprat jg blm ganti sampe skrg

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s