bisa berpaling ke lain Hati(merk) karena seorang Teknisi(mekanik)…

mulai lagi nih ada yg perlu dicermati masbro dan mbakbro…
sadar ndak bahwa kelangsungan suatu produk sebenanya ditentukan juga oleh dukungan Aftersales-nya…
yup…banyak juga yg menentukan pilihan pada salah satu produk dikarenakan ndak kuatir ndak kalo produknya rusak…
servicenya, sparepartnya, dan lain lainnya yang secara tidak disadari telah dijadikan embel2 sebagai fasilitas disetiap produk dan dijadikan kelebihan atau nilai plus dari produk tersebut…
hmmm…setalah ditimang timang ada benernya juga yaak…tapi secara tidak sadar juga bisa jadi boomerang looh…kalo fasilitas tersebut adalah salah satu strategi produsen untuk selalu mengetahui kualitas produk yang telah berada
di tangan konsumen agar tetap terpantau dan kualitasnya bisa terjaga daaan juga agar sparepart-nya laku juga yang ujung2nya target perjualan sparepart yang benerin (mekanik) bisa tercapai dan mendukung tim Aftersales untuk melampaui targetnya juga…waddooh..he he

gambar minjem dan tidak ada hubungannya...

laah disini coba sedikit saya sampaikan pengalaman saya yang menyadarkan saya kalo dunia Aftersales juga berpengaruh sama besarnya dengan yang namanya penjualan produk tersebut…yuuuk….
pernah sesekali mungkin pengalaman servis ataupun perawatan suatu produk (motor) disalah satu bengkel terkemuka tiba tiba teknisi (mekanik)-nya bilang sparepart ini harus diganti, sparpart itu harus diganti…buseeet…perasaan nih produk cuman dipakai secara normal2 aja…yaaah manuuut laaah akhirnya diganti juga…kan yang bilang ahlinya (mekanik)…yaah kita berpikir sih oke2 aja laaah…daripada terjadi apa2 ketika dipakai dijalan…aseeeg…

eeeiiitt…hati2 dulu masbro dan mbakbro kalo menyetujui itu berarti nyiapain yg namanya tambahan budget buat perawatan looh…
laaah..kan masih ada kartu servis gratisnya…he he…lah ya itu…bener gratis…buat servis rutin atau berkalanya…
lah terus…spartpartnya kan masih garansi…eeeiit…tidak bisa…coba deh dibaca lagi bagian yang digaransi yg mana…
capeek deeh…ujung2nya bayar juga penggantian sparepartnya…nah looh…
kira2 pernah ndak kejadian tersebut diatas dialami sendiri oleh masbro dan mbakbro…pasti kecewa dung…masaaak masih belum berumur satu tahun udah harus ganti ini dan itu…sama…hal ini juga pernah saya alami kok…akhirnya yaa terpaksa juga siih…
disinilah namanya strategi penjualan yang dilakukan oleh tim Aftersales dalam rangka salah satunya mencapai target penjualan sparepartnya…jiaah…tidak sedikit juga yang menggunakan strategi ini…baru nyadar saya ketika melakukan servis 3 merk terkenal disini…sama yg dilakukan seperti diatas kok…sang teknisi menyampaikan dengan bahasa yang halus banget buat mengelabuhi pemiliknya agar segera diganti aja…yaah ndak sedikit juga yang mau…alias buanyaaak yg oke2 aja kalo dilakukan pergantian…weeh weeeh…seneng banget dung jaualan sparepartnya lariiis…#ndak ada hubungannya
hmmmm…jadinya saya semakin mengerti kualitas produk yg saya gunakan…lah kok bisa…yaah…coba ditimang sendiri deh sama masbro dan mbakbro…emang seneng punya produk yang belum setahun kok udah gonta-ganti spare part…laah disinilah saya mulai “galau” akan kualitas produk yang saya gunakan…banyak sekali pikiran2 yang negatif dibenak saya…kalo saya agak karakter mungkin udah menulis dan melaporkan ke pusat layanan produsen tersebut…kalo saya sih orangnya sabar dan nriman…hatcing…saya pasti akan tetep mengunggulkan produk yg telah saya pilih (loyalitas kebalbas) dan menggunakannya sampai saya punya kesempatan buat ganti produk…weeh weeeh…tragis banget yaak…
kalo dah terjadi dan sangat dimengerti pasti suatu saat nanti saya ndak akan meminang yang namanya produk seperti yang saya miliki sekarang…nahh loooh…hilang deeh repeat order-nya (kata sales)…bakalan berpindah merk nih saya…
tuuh kaaan…perlakuan seorang teknisi (mekanik) juga bisa mempengaruhi yg namanya penjualan…pasti sama deh dengan hati kecil masbro dan mbakro kalo mengalami pengalaman tersebut diatas…kasiaaan yaak…
semoga ja ndak pernah terjadi deeh di salah satu produk yang dimiliki sekarang…dan semoga bisa bener2 mengerti
sebelum menentukan suatu pilihan ke salah satu merk produk (belajar dari pengalaman)…
semoga berguna…

5 tanggapan untuk “bisa berpaling ke lain Hati(merk) karena seorang Teknisi(mekanik)…

  1. sampe skg xeon da setahun lebih lum ada sparepart yang diganti, memang sempat dibilang kemarin kalo kampas da tipis, tpi krn waktu itu kantong jg tipis g jadi saya ganti hehehe

    Suka

  2. yg penting. Diliat sikon. langka atisipasi. Dan follow up dari bengkel. Harus di pertanyakan jika ada yg jangal. Yg penting seuatu yg janggal gak di bikin janggal aja?baik dari servis center tsb. Atau pun si konsumen tsb?

    Suka

  3. memang ada beberapa service center yang seperti itu, saya dulu pernah servis juga ditawarin misal ganti baut penutup oli lah, dinamo starternya lah dll, setelah beberapa lama saya amati, ternyata mereka itu sengaja ya, orang barang yang sudah diganti, dan yg lama saya bawa pulang dan amati, ternyata tidak ada kerusakan kok… sontoloyo!!… bilang aja, biarin aja mas, lain kali aja kalau ada doku hahhaa…

    Suka

Tinggalkan Balasan

